Pendidikan merupakan salah satu faktor utama yang dibutuhkan oleh negara untuk bisa melakukan pembangunan nasional dengan lebih baik. Semakin baiknya kualitas pendidikan di sebuah negara maka akan semakin  berkualitasnya pada generasi selanjutnya. Sampai sekarang negara yang dinobatkan sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik adalah Finlandia. Hal tersebut membuat kebanyakan negara maju yang lainnya ingin meniru sistem pendidikan yang terdapat di Finlandia.

Prestasi yang diraih Finlandia membuat Indonesia pun turut andil untuk menganalisa bagaimana sistem pendidikan yang ada di Finlandia. Terdapat beberapa perbedaan sistem pendidikan di Finlandia seperti singkatnya durasi pelajaran, tidak ada pekerjaan rumah, tidak ada ujian nasional dan lain sebagainya. Namun tidak adanya hal tersebut justru membuat pendidikan di Finlandia lebih baik dibandingkan dengan negara lainnya.

 

Alasan Pendidikan Indonesia Tak Sebaik Finlandia dari Berbagai Aspek

Jalannya sistem pendidikan tidak luput dengan peranan pemerintah untuk mendukungnya. Mungkin banyak orang yang penasaran mengapa pendidikan Indonesia tak sebaik Finlandia. Sistem pendidikan sangat penting untuk diperbarui agar mengikuti zaman dan bisa menghasilkan generasi muda berpotensi. Berikut akan dijabarkan apa saja alasan yang membuat pendidikan Indonesia tak sebaik Finlandia.

 

Berdasarkan Letak Geografisnya

Letak geografis Indonesia menjadi salah satu alasan mengapa negara Indonesia tidak memiliki sistem pendidikan sebaik Finlandia. Indonesia sangat strategis dan diapit oleh jalur perdagangan yang besar yaitu Asia dan Australia. Selain itu Indonesia juga dikelilingi perairan sehingga mampu menghasilkan berbagai kekayaan alam yang melimpah. Namun hal tersebut justru yang merupakan alasan mengapa pendidikan Indonesia tak sebaik Finlandia.

Di Indonesia terdapat beberapa bagian daerah ada yang masih desa dan ada yang sudah berkembang. Hal tersebut membuat sistem pendidikan tidak merata, sehingga orang-orang di desa kekurangan pendidikan. Padahal dibutuhkan potensi sumber daya manusia yang baik untuk bisa mengelola berbagai kekayaan alam Indonesia.

 

Berdasarkan Catatan Historisnya

Faktor budaya dan sosial menjadi salah satu utama mengapa pendidikan Indonesia tak sebaik Finlandia. Indonesia memiliki berbagai suku budaya yang memiliki aturan dan budayanya masing-masing. Bahkan ada juga yang lebih memilih mengajarkan anak tanpa harus bersekolah. Selain itu kebanyakan masyarakat masih memiliki tingkat kesadaran yang lebih rendah.

Padahal saat ini Indonesia juga sudah memberikan berbagai fasilitas untuk bisa menerima beasiswa. Namun memang kesadaran masyarakatnya yang masih kurang. Padahal setiap anak memiliki potensi yang berbeda. Salah satu cara mengembangkan potensinya adalah dengan pendidikan.

 

Perbedaan Kebijakan Dari Pemerintah

Kebijakan pemerintah memang memiliki peranan terpenting dalam sistem pendidikan. Di Indonesia untuk anggaran pendidikan hanya berkapasitas 20% dari APBN. Jumlah ini akan dialokasikan untuk beasiswa, gaji guru dan lain sebagainya. Anggaran pendidikan yang rendah membuat sistem pendidikan di Indonesia tidak berjalan dengan baik. Hal tersebut  bisa memberikan dampak buruk bagi hasil dari pendidikan yang berada di Indonesia.

Berbeda dengan Finlandia yang memiliki anggaran yang cukup untuk membiayai sistem pendidikan yang lebih baik. Bahkan beberapa sekolah di Finlandia tidak mengenakan biaya untuk bersekolah. Terdapat sistem beasiswa full bagi siswa yang berprestasi.

Demikianlah beberapa alasan mengapa pendidikan Indonesia tak sebaik Finlandia. Dengan mengetahui apa saja alasannya, mungkin Indonesia bisa melakukan berbagai perubahan kearah yang lebih baik sehingga bisa meniru sistem pendidikan di Finlandia. Hal ini menjadi salah satu cara evaluasi yang bisa berdampak baik bagi pertumbuhan Indonesia di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *